Laman

Kendaraan Panjang di Kota

Dalam keseharian Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya sebagai salah satu dari sekian banyak pengguna jalan, pasti menjumpai adanya truk sebagai salah satu kendaraan populer yang berfungsi sebagai pengangkut. Selain truk juga ada trailer yang dapat menampung kapasitas lebih besar untuk barang-barang yang banyak dari segi kuantitas atau besar dari segi ukuran. Namun tak semua kendaraan ini diperbolehkan untuk melintasi jalan-jalan tertentu (yang dibatasi oleh kelas jalan); dan sebab lain karena posturnya yang panjang ini.

Salah satu trailer panjang pendistribusi mobil (car carrier) yang umum melintas kota besar.
commons.wikimedia.org/Arpingstone

Sebuah trailer yang panjang tentu butuh ruang lebih untuk bergerak. sumber: commons.wikimedia.org/Steve Partridge

Di sisi lain, tak banyak sopir yang menguasai kendaraan panjang macam trailer ini karena butuh pengalaman yang cukup, kebiasaan baik dan skill serta kelengkapan lain sebagai penunjang. Jadi jika sopir Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya diberi kendaraan jenis ini pun tak mungkin semuanya bisa, karena hanya mempunyai pengalaman mengemudi mobil penumpang sekelas MPV atau di bawahnya. Di samping itu, sopir truk serta trailer pun diharuskan mempunyai SIM B1 atau B2 karena bobot kendaraan semacam truk ini pastinya lebih dari 3500kg.

Pengendalian kendaraan panjang tidak sama dengan kendaraan yang lebih pendek atau mungil. Jika kita melintasi daerah-daerah industri dimana banyak populasi trailer ini melintas, maka kita akan sering mendapati antrian yang disebabkan oleh berbeloknya trailer ini; karena sudut perputaran badan trailer ini memang akan memakan sebagian besar badan jalan. Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya pernah membuntuti (maksudnya berada di belakang) dari trailer ini dan bisa dikatakan bahwa kondisi tersebut cukup rata di semua daerah, terutama tempat dimana kendaraan panjang ini diperbolehkan melintas. Beberapa diantaranya bisa dilihat pada foto berikut:




Tapi truk gandengan pun juga menyebabkan kondisi yang mirip, hanya imbasnya akan lebih kecil karena truk gandengan ini bagian badan gandengannya tidak kaku seperti halnya trailer. Sementara itu, badan sebuah bus (apalagi transjakarta yang gandeng) juga lumayan panjang. Tentang bus sendiri juga termasuk kendaraan 'besar' yang meski termasuk panjang, tetapi agaknya diperbolehkan melintas di tengah kota. Simak video berikut tentang bagaimana pergerakan bus pada tikungan ini:




Di Indonesia sendiri Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya tidak dijumpai mobil limusin berkeliaran seperti halnya di negara-negara maju semacam Amerika Serikat atau Arab Saudi, namun di negara kita toh masih menjumpai keanehan lain yang berkaitan dengan selera pemilik atau pembuatnya. Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya mendapati satu tautan dimana ada modifikasi mobil pendek yang 'diperpanjang'. Bobot mobil ini mungkin tak seperti truk atau trailer yang telah disebutkan sebelumnya, tetapi untuk mengendarainya pun rasanya tak semua orang bisa: http://otomotif.liputan6.com/read/2414507/vw-kombi-terpanjang-asal-indonesia-jadi-sorotan-media-dunia.

Tak hanya mobil saja, sebuah komunitas pecinta vespa gembel pun tak ketinggalan dengan motornya panjangnya yang bisa dilihat pada referensi Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat pada laman berikut ini: http://vespapanjang9meterbarabaikalsel.blogspot.co.id. Tak tahu apa motif dibaliknya selain kepuasan bisa merakit kendaraan unik itu. Hanya, pengoperasiannya jadi tak seperti mengendarai motor lain yang roda belakang selalu akan segera mengikuti roda depan saat berbelok jika posturnya kecil.

Pengendara vespa ini pun seyogyanya perlu menghitung derajat putar untuk motor tersebut ketika berbelok supaya tidak membuat macet di jalan. Inilah yang juga dialami oleh banyak pengendara armada berpostur panjang lainnya dimana untuk berbelok atau bersama kendaraan lain pun perlu tekniknya sendiri. Sopir yang telah berpengalaman pasti akan mengenali dan sanggup mengendarai lebih baik, seperti referensi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya berikut yang memperlihatkan kemahiran sopir trailer berbalik arah pada satu jalan sempit:




Jadi dalam bidang apapun kita bisa menemui orang yang mahir di bidangnya, menguasai apa yang dia geluti dan bisa dijadikan inspirasi. Sopir dengan kemampuan seperti ini agaknya telah belajar dari pengalaman, dan selayaknya mampu beradaptasi pada berbagai perusahaan transportasi jika beliau berpindah kerja.